Prosedur Klaim Jamsostek


Saya mendapat informasi kalau klaim Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) sekarang lebih cepat dan prosedurnya lebih mudah. Informasi ini saya dapat dari seorang teman yang kebetulan istriya dirawat saat akan melahirkan anak ke tiganya. Karena ada kendala kelahiran normal, dokter Rumah Sakit Islam Sultanagung Semarang tempat istrinya dirawat merujuknya agar dilakukan operasi sesar. Karena teman saya adalah peserta Jamsostek, maka semua biaya dibebaskan alias gratis, tentunya hanya biaya yang sesuai dengan ketentuan Jamsostek. Waktu itu biaya keseluruhan sekitar 7 jutaan, teman saya hanya tambah tidak lebih dari limaratus ribu rupiah saja. 
Berikut adalah cara atau prosedur klaim Jamsostek

Prosedur Pelayanan Klaim Perorangan

1.    Peserta dapat mengajukan klaim perorangan hanya pada kasus sebagai berikut:
•    Kasus Emergensi (Kegawat-daruratan atas indikasi medis) sesuai kriteria emergensi.
•    Persalinan Normal di luar jaringan PPK.
•    Persalinan penyulit dengan tindakan elektif/terencana (tindakan sudah diketahui sebelumnya),  antenatal care (Pemeriksaan masa hamil) dan atau persalinan dilakukan di luar jaringan PPK diberi bantuan sebesar maksimal  sesuai persalinan normal Rp. 500.000,- (sesuai Permenakertrans Nomor PER-12/VI/2007).
•    Pelayanan Khusus; gigi palsu, mata palsu, alat bantu dengar, prothesa anggota gerak tangan dan kaki.
2.    Peserta mengajukan klaim disertai dokumen pendukung sebagai syarat klaim yang telah ditetapkan oleh PT Jamsostek (Persero).
3.    PT Jamsostek (Persero) melakukan pemeriksaan terhadap berkas yang diterima, berkas klaim yang belum lengkap akan dikembalikan berikut catatan kekurangan berkas.
4.    Bila dianggap sudah memenuhi syarat maka klaim dapat diproses.
5.    Apabila setelah dilakukan verifikasi ternyata ada hal tertentu yang tidak dapat diproses (kurangnya informasi berkas klaim), maka Bidang Jaminan/Bidang JPK PT Jamsostek  (Persero) akan menginformasikan melalui surat pemberitahuan atau telepon kepada peserta melalui perusahaan.
6.    PT Jamsostek (Persero) melaksanakan pembayaran disertai dengan rincian pembayaran sesuai ketentuan setelah proses verifikasi klaim selesai.

sumber www.jamsostek.co.id


Related Posts

0 comments:

Post a Comment